Jumlah Roda Dua di Indonesia Sudah Lebih Dari 100 Juta Unit!



Jakarta – Jumlah kendaraan bermotor atau roda dua di Indonesia telah melampaui 100 juta unit. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), hingga 2017 saja ada 113.030.793 kendaraan roda dua.
Meski angkanya sudah melebihi 100 juta, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Johannes Loman menilai, penjualan sepeda motor di Indonesia belum mencapai angka kejenuhan, di mana tidak akan ada lagi pertumbuhan jumlah kendaraan. Karena jika dibandingkan dengan total populasi Indonesia yang mencapai sekitar 260 juta, masih banyak yang tidak menggunakan sepeda motor.
"Saya pikir kejenuhan ketika penjualan sepeda motor per tahun mencapai 9 juta," katanya di Jakarta.
Sebagai perbandingan, saat ini penjualan sepeda motor per tahun di Indonesia mencapai 6 juta. Jadi menurut Loman masih ada peluang untuk pertumbuhan sepeda motor di Indonesia.
Meskipun ia mengakui beberapa daerah, pertumbuhan populasi roda dua cukup jenuh. Bali misalnya, di sana 1 orang sudah punya 1 kendaraan. Yogyakarta juga memiliki populasi kendaraan yang cukup besar, tetapi peluang untuk roda dua masih ada.
Sebelumnya, kata Loman, penjualan sepeda motor tahun lalu mencapai 6.487.460 unit, tumbuh sedikit sekitar 1,6%. Penjualan motor tahun ini juga tidak jauh berbeda.
"Semoga tahun ini bisa sama dengan tahun lalu, sudah bagus," kata.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *