Gantikan Achmad Zaky, Ini Profil Lengkap Rachmat Kaimuddin CEO Bukalapak yang Baru



Jakarta – Achmad Achmad Zaky mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO PT Bukalapak.com (Bukalapak) dan menyerahkan kapten bisnis kepada Rachmat Kaimuddin. Rachmat Kamuddin diyakini mampu mengarahkan Bukalapak ke tingkat selanjutnya.
"Saya percaya Rachmat adalah orang yang tepat, bagian dari tim yang tepat, di posisi yang tepat, dan datang pada waktu yang tepat," kata Zaky dalam pernyataan resmi, Senin, 9 Desember 2019.
Rachmat Kaimuddin adalah pria kelahiran Makassar pada 15 April 1979 yang merupakan kolega Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Mereka adalah satu generasi di SMA Taruna Nusantara selama periode 1994-1997. "Ya, kami memang satu generasi," kata Rachmat ketika berbicara dengan Bisnis setelah terpilih sebagai direktur PT Bank Bukopin Tbk. pada awal 2018.
Jika setelah SMA, AHY pergi ke Akademi Militer, Rachmat memilih untuk melanjutkan studinya di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Boston, pada 1998-2001, dan memenangkan gelar BSc. Ia juga meraih gelar MBA dari Stanford University, California (2006-2008).
Rachmat memulai karirnya sebagai Associate Senior di Boston Consulting Group. Kemudian dia menjadi konsultan di IFC, Direktur Utama PT Cardig Air Services, Kepala Sekolah di Quvat Management Pte. Ltd., dan Wakil Presiden di Baring Pricate Equity Asia.
Setelah miskin di perusahaan asing, Rachmat akhirnya bergabung dengan perusahaan Aksa Mahmud, Bosowa Group. Pada Juni 2014, ia diangkat sebagai Kepala Staf Keuangan PT Bosowa Corporindo hingga 2018.
Selama periode ini, Rachmat juga menjabat sebagai Direktur Pelaksana PT Semen Bosowa Maros dan Komisaris Bank Bukopin. Selanjutnya, pada Mei 2018, ia dipercaya menjadi direktur Bank Bukopin, yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Bosowa Group.
Ketika dikonfirmasi tentang pemindahannya dari kelompok bisnis Bosowa ke Bukalapak, Rachmat enggan menanggapi. Dia hanya meminta dukungan untuk menjalankan mandat baru. "Terima kasih [atas ucapan selamat], "Katanya melalui pesan singkat, Senin malam, 9 Desember 2019.
Dalam pernyataan tertulisnya, Rachmat Kaimuddin menyatakan bahwa dia tersentuh dan bangga bisa mendapatkan kepercayaan untuk menjadi bagian dari proses pertumbuhan Bukalapak ke tahap berikutnya. "Saya percaya Bukalapak adalah tempat di mana saya dapat bekerja dengan teman-teman saya untuk membuat perubahan positif yang bermanfaat bagi bangsa dan negara ini. Saya berharap itu dapat membantu Bukalapak memberikan dampak yang lebih luas bagi Indonesia," katanya.
Di bawah kepemimpinan baru, Bukalapak akan fokus pada masalah yang berkaitan dengan bakat, manajemen modal dan keuangan, dan memperkuat perannya dalam mendukung UMKM Indonesia. Bukalapak adalah perusahaan teknologi unicorn Indonesia yang didirikan pada Januari 2010 sebagai pasar online, yang saat ini memiliki lebih dari 70 juta pengguna aktif, lebih dari 5 juta pelapak, dan lebih dari 2 juta kios dan agen di seluruh Indonesia.
Pasca Ganti Achmad Zaky, Profil Lengkap ini Rachmat Kaimuddin CEO Bukalapak Baru ditunjukkan sebelumnya di Topikindo.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *