Gejala Penyakit Jantung Koroner Cegah dengan Langkah Ini

Berita Terbaru Salah satu organ tubuh manusia yang memiliki peranan sangat penting adalah jantung. Tanpa jantung manusia tidak dapat hidup. Jantung memang memiliki berat hanya sekitar 300 gram akan tetapi peranannya dalam tubuh manusia begitu besar. Salah satu peranannya yang tidak dapat digantikan dengan organ tubuh lainnya adalah memompa darah dan mengalirkan darah melewati komponen – komponennya hingga terbentuklah suatu siklus sirkulasi darah.

Karena peranan jantung yang sangat penting dalam tubuh manusia maka kesehatan jantung harus senantiasa diperhatikan. Akan tetapi tentunya sulit menjaga kesehatan jantung karena jika kita salah langkah jantung dapat mengalami masalah dan akhirnya timbul masalah penyakit jantung, salah satunya adalah penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner atau yang lebih dikenal dengan istilah penyakit jantung iskemik ini termasuk salah satu penyakit yang mematikan di Indonesia bahkan di dunia. Tercatat hampir sekitar 35% kematian di Indonesia diakibatkan oleh penyakit jantung. Menurut data yang dimiliki oleh Federasi penyakit jantung dunia, angka kematian warga negara Indonesia akibat penyakit jantung iskemik adalah sekitar 1,8 juta pada tahun 2014.

Tentunya kita tidak ingin mengalami masalah jantung iskemik yang berujung pada kematian ini bukan? Untuk itu kita harus memiliki cara mencegah penyakit jantung iskemik dan mengenali gejala – gejalanya. Yuk kita simak dulu uraian di bawah ini!

Gejala Penyakit Jantung Koroner Cegah dengan Langkah Ini

Gejala Penyakit Jantung Koroner dan Pencegahan

Gejala Jantung Koroner
Setiap penyakit dapat diidentifikasi melalui gejalanya karena setiap penyakit memiliki gejala yang berbeda – beda. Untuk penyakit jantung koroner, berikut ini gejalanya :
-Nyeri.
-Sesak nafas.
-Perasaan mudah lelah.
-Pusing dan pingsan.
-Jantung terasa berdebar – debar begitu kencang.
-Tindakan Pencegahan

Agar tubuh tidak terserang penyakit jantung koroner akibat kerusakan jantung, berikut ini tindakan pencegahan yang perlu kita lakukan diantaranya :

-Berhenti merokok karena merokok dapat merusak jantung.
-Menerapkan pola hidup sehat, misalnya dengan mengurangi makanan berkolesterol tinggi dan olahraga teratur.
-Menjaga berat badan tetap stabil.
-Mengurangi konsumsi alkohol, minuman bersoda dan menghindari minuman keras.

Demikian sedikit informasi yang kali ini dapat kami sampaikan sehubungan dengan Gejala Penyakit Jantung Koroner Dan Pencegahannya. Semoga informasi yang kali ini kami sampaikan menjadi sebuah informasi yang bermanfaat. Mari kita jaga selalu kesehatan jantung kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *