Cara Alami Perlancar Haid

Berita Terbaru Bagi wanita haid merupakan suatu siklus bulanan yang terjadi secara periodik. Bahkan wanita merasa bingung bercampur bimbang jika dalam satu bulan haid tidak kunjung datang menghampiri.

Haid atau yang dalam istilah kesehatan lebih dikenal dengan menstruasi merupakan suatu proses keluarnya darah dari vagina yang berasal dari dinding rahim secara periodik. Pada umumnya terjadi setiap satu bulan sekali selama kurang lebih 3 sampai dengan 8 hari.

Biasanya wanita pertama kali akan mengalami haid di usia yang menginjak puber yakni sekitar usia 10 tahun sampai dengan 16 tahun. Sementara wanita tidak akan merasakan haid lagi jika sudah berada pada masa menopause.

Siklus haid sendiri yang terjadi pada wanita ada yang lancar dan ada pula yang tidak lancar. Biasanya siklus haid yang tidak lancar ini dikarenakan oleh berat badan yang berlebih, kelelahan, stres, terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung purin dan zat gula, makanan dan minuman dingin, diet yang buruk dan masih banyak lagi. Bahkan tidak jarang wanita mengalami keluhan haid yang tidak lancar sehingga perutpun terasa kram dan sakit. Lantas, bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk memperlancar haid?

Cara Alami Perlancar Haid

Atasi Haid dengan Langkah Ini
Sudah kita simak dimuka bahwa ada banyak faktor yang dapat membuat haid menjadi tidak lancar. Untuk itu diperlukan gaya hidup yang sehat untuk dapat melancarkan haid. Berikut ini cara yang dapat anda lakukan untuk memperlancar haid diantaranya :

1.Konsumsi Sayuran Hijau
Mengonsumsi sayuran hijau sangat penting karena dalam sayuran hijau terkandung banyak zat besi dan kandungan yang sangat baik untuk melancarkan haid. Konsumsilah sayuran hijau setiap hari baik diolah dengan direbus ataupun dikukus.

2.Hindari Makanan Berlemak Tinggi
Makanan yang mengandung kadar lemak tinggi bukan hanya harus dihindari oleh mereka yang menderita kolesterol tinggi, tetapi bagi mereka yang ingin haidnya lancar juga harus menghindari makanan yang mengandung terlalu banyak lemak. Tak apa jika mengonsumsinya secara jarang akan tetapi jangan sampai mengonsumsinya setiap hari.

3.Perbanyak Konsumsi Air Putih
Air putih memang zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Upayakan konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup yakni sekitar 8 sampai dengan 10 gelas perhari. Jangan juga terlalu berlebihan karena dapat membuat anda terkena hiponatremia.

Itulah Cara Alami Perlancar Haid yang dapat kita lakukan. Terapkan dan semoga apa yang kita bahas kali ini bermanfaat. Keep your health!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *